UNIKNYA JAMBU KRISTAL, JAMBU BIJI TANPA BIJI

Jambu kristal (Psidium guajava) adalah varietas jambu biji yang sekarang banyak digemari masyarakat Indonesia.

Jambu kristal mempunyai bentuk bulat atau agak lonjong dengan dasar bergelombang, ada juga yang rata tergantung varietasnya. Warna kulitnya hijau muda terang berlapiskan lilin di kulitnya. Daging buahnya berwarna putih bersih dan jernih, sangat tebal, renyah dan menjadi sedikit lunak sejalan dengan kematangan buah. Bobot buah rata rata 300 g bahkan ada yang mencapai 800 g.

Keunggulan yang paling istimewa adalah jumlah bijinya yang kurang dari 3 persen bagian buah yang tidak didapat pada jambu biji jenis manapun. Buah yang satu ini selain manis dan menyegarkan juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, misalnya kandungan vitamin C tinggi yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, antitumor, antioksidan, dan antiperadangan, serta mampu mencegah penuaan dini.

Untuk memperoleh jambu kristal ini pun sangatlah mudah. Seperti di beberapa wilayah Kabupaten Bogor yaitu Kecamatan Rancabungur dan Kecamatan Caringin yang menjadikan jambu kristal sebagai salah satu komoditas unggulan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menikmati kelezatan dari jambu kristal ini, antara lain :
1. Langsung dimakan begitu saja


2. Dibuat menjadi jus


3. Menjadi campuran dalam asinan

Berikut ini adalah beberapa manfaat tersebut yang perlu anda ketahui :

1. Baik untuk penderita diare

Manfaat jambu kristal memiliki serat yang tinggi, dan juga jambu Kristal mengandung senyawa yang bernama astringents. Senyawa astringents ini ternyata merupakan salah satu pelaku yang dapat membunuh bakteri yang menjadi penyabab kemunculan penyakit diare.

2. Mencegah sulit buang air besar atau sembelit

Jambu Kristal memilkki kandungan serat yang tinggi. Dengan tingginya serat yang dimiliki oleh jambu Kristal ini, maka pastinya sembelit dan sulit buang air besar yang anda alami dalam tuntas, karena salah satu faktor yang menyebabkan gangguan sembelit ini adalah kurangnya serat di dalam tubuh.

3. Mengobati batuk dan flu

Manfaat jambu kristal bagi kesehatan sangat baik untuk mengurangi lendir di tenggorokan. Selain itu, jambu kristal sendiri juga dapat menjadi menghambat aktivitas kuman dan mikroba yang menyebabkan batuk flu yang anda alami.

4. Menjaga kesehatan kulit

Buah jambu Kristal merupakan salah satu jenis buah yang juga memiliki banyak kandungan vitamin E. Tentu saja vitamin E ini manfaatnya sangat baik, terutama bagi kesehatan kulit. Vitamin E dapat membantu :

  • Mencegah kulit kering dan bersisik
  • Mengangkat sel kulit mati
  • Mencerahkan wajah
  • Menutrisi kulit dari dalam
  • Menjaga kelembaban kulit

5. Baik untuk kesehatan tulang

Ternyata buah-buahan juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tulang. Salah satunya adalah buah jambu kristal ini, karena memiliki kandungan kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang.

6. Mengobati sariawan

Vitamin C yang ada pada buah jambu kristal pastinya akan sangat efektif untuk mencegah dan juga mengobati sariawan yang anda alami.

7. Baik untuk kesehatan mata

Manfaat jambu kristal memiliki kandungan vitamin A yang juga cukup tinggi. Vitamin A, selain dapat menjaga daya tahan tubuh, juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Ini akan membantu anda dalam mencegah dan juga mengobati berbagai macam gangguan mata, seperti :

  • Rabun jauh
  • Rabun dekat
  • Silindris
  • Rabun ayam

8. Sebagai zat anti oksidan

Jambu Kristal juga memiliki manfaat yang sangat baik sebagai salah satu zat antioksidan. Antioksidan yang terdapat pada jambu Kristal ini sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang menjadi biang keladi dari berbagai macam penyakit, seperti kanker dan penyakit kronis lainnya. Selain itu, radikal bebas juga berperan dalam tejadinya proses penuaan dini, terutama yang terjadi pada area kulit.

9. Mencegah infeksi dan juga virus

Berbagai macam kandungan vitamin dan mineral yang ada pada buah jambu kristal ini memiliki sifat yang sangat penting sebagai anti bakteri, anti infeksi dan juga anti peradangan. Itu artinya, buah jambu Kristal baik untuk mencegah berbagai macam gangguan kesehatan yang berhubungan dengan infeksi, peradangan dan juga virus di dalam tubuh.

Berita Lainnya :

MENGENAL BAHAN PANGAN YANG AMAN DI PASARAN Cibinong – Pada bulan suci Ramadhan mayoritas harga komiditi bahan pangan melonjak naik. Kondisi itu dibarengi dengan maraknya peredaran bahan makanan...
SAATNYA MAKAN SINGKONG UNTUK MENGGANTI NASI Cibinong - Nasi putih yang merupakan olahan dari beras ini merupakan salah satu makanan pokok orang Indonesia. Bahkan banyak orang beranggapan kalau b...
KHASIAT BUAH KEMANG UNTUK KESEHATAN Cibinong - Buah kemang apabila telah matang berwarna kuning kecoklat-coklatan. Buah ini mengeluarkan aroma seperti terpentin. Daging buah mengandung b...
KEBERHASILAN PELAKU USAHA PANGAN LOKAL DI KAB. BOG... © http://bkp.pertanian.go.id/ - 22 Maret 2018 Dalam rangkaian acara pertemuan Pengembangan Pangan Lokal, para peserta juga diajak turun ke lap...