BUPATI BOGOR CANANGKAN TIADA HARI TANPA MAKAN UBI

http://jabar.pojoksatu.id/ – 23 Mei 2017

Bupati Bogor Nurhayanti didamping Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor, drh Soetrisno saat meninjau para peserta lomba cipta menu BS2A, di Gedung Tegar Beriman Cibinong, Selasa (23//5/2017).

POJOKJABAR.com, BOGOR – Bupati Bogor, Nurhayanti mencanangkan gerakan Tiada Hari Tanpa Makan Umbi di Kabupaten Bogor. Gerakan ini merupakan upaya percepatan penganekaragaman konsumsi pangan di Kabupaten Bogor.

” Melalui gerakan ini diharapkan pola konsumsi masyarakat Kabupaten Bogor beragam dan harus mulai mengurangi ketergantungan terhadap beras,”kata Nurhayanti di Gedung Tegar Beriman, Selasa (23/5/2017).

Diakui Nurhayanti, ketersediaan produksi beras Kabupaten Bogor hanya 36 persen dari kebutuhannya. Sisanya berasal dari impor dan daerah sekitar

”Saat ini pengetahuan soal pola gizi masyarakat masih rendah. Masyarakat masih beranggapan pemenuhan makan sekedar kenyang saja tanpa melihat gizinya,”ungkap Nurhayanti.

Untuk itu Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor melakukan sosialisasi mengenai, makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA). Salah satunya dengan menggelar Gebyar Pangan dan UKM dalam rangka hari jadi Bogor ke 535 di lapangan Tegar Beriman Cibinong mulai Selasa (23/5/2017) hingga Kamis (25/5/2017).

”Kegiatanya tidak hanya bazar tapi kita juga melakukan sosilisasi mengenai makanan beragam bergizi, seimbang dan aman serta Lomba cipta menu B2SA yang diikuti PKK kecamatan,”jelas Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kabupaten Bogor,drh H Soetrisno MM.

Sementara itu menurut Ketua Panitia, Aan Supriatna mengatakan rangkaian kegiatan Gebyar pangan dan UKM ini, dalam rangka hari jadi Bogor ke 535. Sejumlah perlombaan digelar diantaranya Lomba cipta menu B2SA yang dijuarai oleh tim penggerak (TP) PKK Kecamatan Cisarua (juara 1), TP PKK Kecamatan Parung (juara2), dan TP PKK Kecamatan Babakan Madang (Juara 3)

Bupati Bogor menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba olahan ikan air tawar.

”Untuk lomba olahan pangan non beras terigu, Juara pertama TP PKK Kecamatan Jonggol. Juara kedua, TP PKK Kecamatan Cileungsi dan juara ketiga TP PKK Kecamatan Cibinong,”jelas Aan.

Sedangkan untuk lomba olahan pangan ikan air tawar, juara pertama diraih Himapaudi Kecamatan cibungbulang, Juara kedua Himapaudi Kecamatan Cibinong, dan Juara ketiga Himapaudi Kecamatan Tenjolaya.

(dea/pojokjabar)

Berita Lainnya :

TAK PERLU IMPOR, KEBUTUHAN BERAS DI BOGOR TERPENUH... © https://www.inews.id Cibinong - Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor, Jawa Barat menyatakan kebutuhan beras untuk wilayah tersebut masih terpen...
DKP KAB. BOGOR ADAKAN BIMBINGAN TEKNIS MANAJEMEN P... Kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen PUPM oleh Dinas Ketahanan Pangan yang diadakan di Aula Cisadane, Bappedalitbang Cibinong - Dinas Ketahanan Pang...
PENGAWASAN KEAMANAN PANGAN DI PASAR MODERN : CARRE... Cibinong – Ketahanan pangan berkaitan dengan peran pemerintah dalam menyediakan pangan yang cukup bagi masyarakat. Namun, aspek keamanan pangan pun ha...
BERAS IMPOR BELUM DIBUTUHKAN DI KABUPATEN BOGOR https://www.medcom.id/ - 06 Maret 2018 Bogor - Kabupaten Bogor belum memerlukan beras impor. Keputusan tersebut diucapkan langsung Bupati Bogor Nur...