GELAR LOMBA, DKP TULARKAN CIPTA MENU JAJANAN ANAK SEKOLAH

Cibinong, Gedung Serbaguna 1 Sekda – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bogor mengadakan Lomba Cipta Menu Jajanan Anak Sekolah, yang diikuti oleh para pengelola kantin sekolah dari 15 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor dengan menampilkan 30 varian menu.

Kepala DKP Kabupaten Bogor mengatakan bahwa Lomba Cipta Menu Jajanan Anak Sekolah ini merupakan ajang untuk memotivasi masyarakat menciptakan kreasi baru dalam membuat jajanan anak sekolah dengan harga yang murah, namun bergizi dan aman untuk dikonsumsi.

“Dinas Ketahanan Pangansangat prihatin melihat kondisi jajanan anak sekolah saat ini, dimana dari hasil pengawasankeamanan pangan  yang telah dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan menunjukkan adanya cemaran kimia dan biologi. Berangkat dari situlah maka kami mengadakan Lomba Cipta Menu Jajanan Anak Sekolah dengan harga yang murah tapi bergizi dan aman untuk dikonsumsi yang pesertanya merupakan perwakilan dari pengelola kantin sekolah,” kata Soetrisno kepada wartawan, Kamis (8/8).

Sebelum acara Lomba Cipta Menu Jajanan Anak Sekolah diadakan, Dinas Ketahanan Pangan juga telah melakukan Bimtek Pembuatan Jajanan Anak Sekolah yang Aman dan Bergizi dengan harga yang terjangkau, maksimal Rp. 3.000,00 per buah. Bimtek diikuti oleh para pengelola kantin sekolah yang merupakan perwakilan dari beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor.

Pada kesempatan tersebut, kepala Dinas  Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor juga menyampaikan bahwa penilaian akan dilakukan oleh Juri dengan beberapa kriteria, diantara Bergizi, Aman untuk dikonsumsi, mengangkat bahan baku lokal dengan harga jual yang terjangkau. Penilaian dilakukan oleh Juri yaitu Ibu Ockti yang merupak Chef dari ICA Bogor dan didampingi oleh Staf ahli Bupati Bogor Bidang Keuangan sebagai Juri Tamu. Penilai didasarkan pada proses pengolahan yang dapat mempertahankan nilai gizi, penggunaan BTP yang paling minimalis serta pemanfaatan bahan baku lokal.

Lomba yang diselenggarakan di Gedung Serbaguna I ini juga dihadiri oleh  Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan, yang pada kesempatan tersebut juga memberikan arahan kepada para peserta berkaitan dengan pangan yang aman untuk dikonsumsi oleh anak sekolah dengan mengangkat bahan baku lokal agar dapat dikenalkan kepada anak-anak sejak usia dini.

Adapun Pemenang Lomba Cipta Menu Jajanan Anak Sekolah Tahun 2019 adalah Ibu Mila perwakilan dari Kecamatan Megamendung sebagai Juara I, Juara kedua adalah Ibu Sri perwakilan dari Kecamatan Cibinong dan Juara III adalah Ibu Mulyanah dari Kecamatan Cigombong. Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dengan nilai Rp. 3.000.000,00 untuk Juara I, Rp. 2.500.000,00 untuk Juara II dan Rp. 1.500.000,00 untuk Juara III.

Pada akhir sambutannya, Soetrisno menyampaikan harapannya agar kedepannya Kabupaten Bogor memiliki kantin sekolah sehat sebagai percontohan yang ada dimasing-masing Kecamatan.