MANFAAT BUAH MANGGIS YANG PERLU DIKETAHUI

Buah manggis mempunyai nama latin Gracinia Mangostana yang pohonnya merupakan pohon yang hijau alami dan abadi. Pohon manggis ini bisa tumbuh di daerah yang beriklim tropis. Banyak sekali masyarakat yang percaya bahwa pohon manggis ini berasal dari kepulauan Nusantara yang mempunyai ketinggian pohon sampai 25 meter. Saat ini pun, beberapa Kecamatan di Kabupaten Bogor menjadikan manggis sebagai salah satu komoditas unggulan di daerahnya, seperti di Kecamataan Cigudeg, Klapanunggal, Leuwiliang dan Leuwisadeng.

Pada saat sudah masak, kulitnya berwarna merah keunguan dan kadang berwarna kecokelatan serta daging buahnya berwarna putih. Rasa khas yang dimiliki oleh buah manggis tentu memberikan kesan berbeda bagi penikmatnya, tak jarang banyak masyarakat yang mengeluh pada saat mengkonsumsi buah manggis, sebab daging dengan biji tak sebanding ukuran biji manggis yang besar tentu berpengaruh pada daging manggis tersebut. Namun, buah manggis ini memiliki banyak manfaat tidak hanya buahnya saja bahkan kulit manggis pun memiliki manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat buah manggis yang melimpah dan sangat fenomenal sampai saat ini membuat manggis mendapatkan julukan ratu buah karena khasiat yang dimilikinya tak diragukan lagi. Hasil penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa buah manggis dan kulit buahnya kaya dengan 40 lebih zat xanthones yang merupakan salah satu antioksidan yang sangat bermanfaat di dunia, tidk hanya itu manggis juga memiliki kandungan polikasanida, cathechins dan polyphenois yang merupakan salah satu bahan antikulat dan anti bakteri. Perlu diketahui Xanthones adalah salah satu komponen aktif yang utama dari buah manggis.

Berikut beberapa manfaat buah manggis untuk kesehatan serta dapat mengatasi berbagai macam penyakit :

1. Untuk Mencegah Kanker

Manggis memiliki kandungan senyawa xanthone yang merupakan salah satu senyawa anti kanker yang tentunya sangat bermanfaat dalam mengatasi penyakit kanker. Senyawa anti kanker dipercaya dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker yang terdapat pada usus besar dan usus hati, serta dapat memperlambat pertumbuhan sel berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit leukimia.

2. Mencegah Batu Ginjal

Mengkonsumsi buah manggis akan memberikan efek buang air kecil secara rutin. Maka dari itu dapat disimpulkan dengan mengkonsumsi buah manggis tentu dapat membantu menghindari penyakit batu ginjal.

3. Mencegah Timbulnya Jamur

Jamur merupakan suatu hal yang sangat mengganggu bagi setiap orang khususnya pada wanita. Dengan mengkonsumsi manggis secara teratur akan membuat kita terhindar dari bakteri atau jamur.

4. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang melakukan program menurunkan berat badan tidak ada salahnya jika mencoba dengan mengkonsumsi buah manggis secara rutin dalam proses penurunan berat badan. Kandungan xanthone bermanfaat untuk melunakan sel-sel membrane yang telah membesar serta mengeras bersamaan dengan besarnya tubuh manusia.

5. Menjaga Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan kandungan vitamin C dan vitamin E yang memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan berkhasiat untuk kecantikan.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kandungan zat Xanthone yang dimiliki oleh buah manggis membuat manggis menjadi salah satu obat kolesterol. Manggis dipercaya dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat yang berlebihan didalam tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya penyempitan pada pembuluh darah.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Mengkonsumsi buah manggis yang kaya akan antioksidan dipercaya dapat mencegah terjadinya gangguan penglihatan seperti katarak dan glukoma, yakni gangguan yang diakibatkan oleh radiasi yang menghilangkan protein pada lensa mata.

8. Mencegah dan Mengobati Penyakit Jantung

Buah manggis dipercaya dapat memulihkan kembali pada kondisi pembuluh darah yang kehilangan keelastisitasannya, melalui antimikrobial dan antioksidan yang dimiliki oleh buah manggis. Sehingga, resiko terjadinya penyakit jantung dapat berkurang dan dapat dicegah dengan solusi mengkonsumsi buah manggis secara rutin.

9. Mengobati Penyakit Asma

Penyakit asma tergolong penyakit yang darurat dan dapat berujung kematian, diakibatkan rusaknya sistem pada pernafasan. Bagi anda yang mengalami sesak nafas tidak ada salahnya jika anda mencoba mengatasinya dengan mengkonsumsi buah manggis ini. Sebab, buah ini dipercaya memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dan memiliki kandungan zat-zat yang dapat mengurangi alergi.

OLAHAN MANGGIS

1. Jus Kulit Manggis

Meskipun rasanya terbilang pahit, jus kulit manggis dipercaya memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Cara mengolah kulit manggis yang benar agar enak diminum dapat dilakukan dengan dua metode utama. Pertama merebus kulit buah yang sudah dikeringkan terlebih dahulu. Kedua membuat jus herbal dengan bahan kulit buah yang masih segar.

Cara membuatnya yaitu dengan mengambil kulit buah yang masih segar kemudian kerok bagian dalamnya yang ada selaput putih seperti benang. Untuk mempermudah proses ini, pilih kulit buah yang masih segar atau membeli buah manggis kemudian manfaatkan kulitnya. Masukkan ke dalam blender bersama air, proses sampai halus.

2. Wedang Kulit Manggis

Pengolahan kulit manggis yang mudah berikutnya adalah membuatnya menjadi wedang kulit manggis. Siapkan beberapa buah kulit manggis yang masih segar lalu kerok daging kulitnya. Taruh kerokan kulit manggis tersebut kedalam gelas dan seduh dengan air panas atau Anda bisa merebusnya sebentar lalu nikmati wedang kulit manggis ini dengan menambahkan gula batu ataupun madu.

(/DKP Kab. Bogor)

Berita Lainnya :

APA ITU B2SA? Setiap individu pasti membutuhkan pangan yang berkualitas untuk dapat hidup sehat, aktif dan produktif. Konsumsi pangan yang berkualitas dapat diw...
TRIK MUDAH HILANGKAN RESIDU PESTISIDA PADA SAYURAN... Sumber : https://www.pertanianku.com Ketika membeli sayuran dan buah-buahan, Anda sadar bukan jika keduanya pasti masih mengandung residu akibat pe...
MENGENAL BAHAN PANGAN YANG AMAN DI PASARAN Cibinong – Pada bulan suci Ramadhan mayoritas harga komiditi bahan pangan melonjak naik. Kondisi itu dibarengi dengan maraknya peredaran bahan makanan...
SAATNYA MAKAN SINGKONG UNTUK MENGGANTI NASI Cibinong - Nasi putih yang merupakan olahan dari beras ini merupakan salah satu makanan pokok orang Indonesia. Bahkan banyak orang beranggapan kalau b...