DKP KAB.BOGOR BERIKAN BANTUAN KEPADA KORBAN BENCANA ALAM DI 27 DESA DARI 12 KECAMATAN YANG ADA DI KAB. BOGOR

http://gemilangnews.com – 26 Juli 2017

KAB.BOGOR-GemilangNews.com

Paska terjadinya bencana di beberapa kecamatan yang ada di wilayah Kab.Bogor Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kab.Bogormenyalurkan bantuan berupa beras,bantuan tersebut di berikan kepada korban bencana alam. Kegiatan penyelenggaraan cadangan pada kegiatan cadangan pangan pemerintah daerah di peruntukan untuk menanggulangi korban pasca bencana alam yang terindikasi rawan bencana di kecamatan di kab.bogor.

Adapun penyaluran bantuan korban bencana alam yang telah di lakukan di beberapa desa sebanyak 27 desa dari 12 kecamatan dengan jumlah kepala keluarga (KK) 818 Kepala Keluarga.

Dalam kurun waktu dua bulan DKP telah memberikan bantuan kepada korban bencana alam dua kali penyaluran,bantuan yang di berikan DKP berupa beras sebanyak 22.584.

Ket Gambar : Kendaraan Distribusi Dari Bulog Divre Cianjur Unit Dramaga Ke Kantor Kecamatan

Untuk droping bantuan Dinas Ketahanan Pangan bekerjasama dengan pihak Kecamatan,bantuan tersebut sebagian besar di berikan di kecamatan dengan menghadirkan kepala desa dan penerima bantuan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD).

Bantuan tersebut di angkut oleh kendaraan distribusi dari Bulog Divre Cianjur unit Dramaga ke Kantor Kecamatan lalu di angkut oleh kendaraan untuk di salurkan ke desa-desa penerima bantuan.

Ket Gambar : Kendaraan Distribusi dari kecamatan untuk menyalurkan cadangan pangan ke desa-desa penerima bantuan.

Pada tanggal 23 Maret 2017 DKP Kab.Bogor memberikan bantuan berupa beras kepada korban tanah longsong di Desa Leuwibatu Kecamatan Rumpin sebanyak 768 kg 27 Kepala Keluarga yang mendapatkan bantuan tersebut.]

Ket Gambar : Desa Leuwibatu Kec. Rumpin Bantuan Tanah Longsor (23 Maret 2017)

Bukan hanya Desa Leuwibatu pada hari yang sama DKP KAB.BOGOR juga memberikan bantuan kepada korban banjir bandang di Desa Mekarjaya Kecamatan Cigudeg berupa beras sebanyak 4.602 kg, sekitar 172 kepala keluarga yang menerima bantuan.

Ket Gambar : Bantuan bencana alam banjir bandang di Desa Mekarjaya Kec Cigudeg Kab.Bogor.(23 Maret 2017).

Bencana alam pun terjadi di beberapa wilayah yang ada di kecamatan Megamendung dan Kecamatan Ciawi, hujan deras di sertai angin terjadi di desa Sukamanah Kecamatan Megamendung 9 kepala keluarga yang menjadi korban,Dinas ketahanan Pangan memberikan bantuan beras kepada korban bencana sebanyak 210 kg untuk di bagikan kepada 9 kepala keluarga.

Ket Gambar : Penyaluran Bantuan Korban bencana alam Di Kec Megamendung Kab.Bogor. (27 Maret 2017).

Bukan hanya hujan deras di sertai angin,di kecamatan megamendung pun terjadi bencana tanah longsong dua desa yang di terjang tanah longsor di antaranya desa kuta dan desa sukamahi, di desa kuta dinas ketahanan pangan memberikan bantuan beras sebanyak 108 kg untuk 4 kk sedangkan untuk di desa sukamahi mendapatkan bantuan beras sebanyak 144 untuk 6 kk.

Sedangkan untuk di wilayah Kecamatan Ciawi terjadi Angin putting beliung di Desa Cibedug  157 KK yang menjadi korban dan mendapatkan bantuan beras sebanyak 4.968 kg. Bantuan tersebut di berikan di hari yang sama pada tanggal 27 maret 2017.

Ket Gambar : Bantuan Korban Bencana Alam Angin Putting Beliung Di Kecamatan Ciawi Kab.Bogor (27 Maret 2017).

DKP KAB.BOGOR memberikan bantuan kepada korban bencana alam hujan deras Di Kecamatan Cigombong di antaranya desa Ciburayut  berupa beras sebanyak 84 kg untuk di berikan kepada 3 kepala keluarga. Korban Longsor di Desa beras sebanyak 222 kg di berikan kepada 11 kepala keluarga dan korban hujan deras di Desa Cisalada beras 42 kg untuk 2 kepala keluarga.

Ket Gambar : Bantuan yang di berikan untuk korban bencana alam hujan lebat di Desa Ciburayut Kecamatan Cigombong Kab.Bogor (29 Maret 2017).

Untuk Kecamatan Cijeruk hanya satu desa yang terjadi bencana alam yaitu Desa Cipelang yang terkena bencana alam angin kencang DKP Kab. Bogor memberikan bantuan berupa beras 174 kg untuk 5 Kepala keluarga.

Ket Gambar : Kecamatan Cijeruk Kab.Bogor (29 Maret 2017)

Bencana alam hujan deras di Desa Pancawati Kecamatan Caringin Warga yang menjadi korban bencana alam tersebut mendapat bantuan berupa beras sebanyak 228 kg untuk 10 kepala keluarga.

Ket Gambar : Penyerahan Bantuan Dana untuk Korban Bencana Alam Kecamatan Caringin Kab.Bogor (29 Maret 2017)

Korban kebakaran di Desa Tenjo Kecamatan Tenjo mendapat bantuan dari DKP Kab.Bogor berupa beras sebanyak 120 kg  untuk 5 kepala keluarga.

Ket Gambar : Penyerahan Bantuan Dana untuk Korban Bencana Alam di Kecamatan Tenjo Kab.Bogor (30 Maret 2017)

Tiga desa yang di terjang tanah longsor di kecamatan Sukajaya pada tanggal 23 maret menerima bantuan dari DKP Kab.Bogor berupa beras di antaranya Desa Harkatjaya mendapat bantuan beras sebanyak 24 kg untuk 1 kepala keluarga. Desa Sukajaya sebanyak  378 kg beras untuk 12 kepala keluarga. Dan Desa Sipayung mendapat bantuan beras sebanyak 102 kg untuk 2 kepala keluarga.

Ket Gambar : Penyerahan Bantuan Dana untuk Korban Bencana Alam Kecamatan Sukajaya Kab.Bogor (Maret 2017)

  • PENYALURAN KEDUA

Bencana alam tanah longsor di Desa Sadengkolot Kecamatan Leuwisadeng korban bencana mendapat bantuan dari DKP Kab.Bogor berupa beras sebanyak 102 kg untuk 4 kepala keluarga.

Ket Gambar : Penyerahan Bantuan Dana untuk Korban Bencana Alam Kecamatan Leuwisadeng Kab.Bogor (Maret 2017)

Dua Desa yang ada di Kecamatan Ciseeng yang di terjang angin putting beliung mendapatkan bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kab.Bogor di anataranya Desa Karihkil mendapatkan bantuan beras sebanyak 72 kg untuk 2 kepala keluarga dan Desa Cibeuteung Udik sebanyak 6.552 untuk 240 kepala keluarga,Desa Cibeuteng Udik merupakan desa yang terparah di terjang angin puting beliung.

Ket Gambar : Penyerahan Bantuan Dana untuk Korban Bencana Alam Kecamatan Ciseeng Kab.Bogor (15 Mei 2017)

Ket Gambar : Rumah Warga Cibeuteung Udik yang rusak di terjang bencana angin Putting Beliung.

27 Kepala keluarga yang menjadi korban banjir bandang di Desa Cintamanik mendapat bantuan beras sebanyak 492 kg, Desa Bunar yang sama di terjang banjir bandang mendapat bantuan beras sebanyak 888 kg untuk 33 kepala keluarga, sedangkan Desa Banyuasih yang di landa bencana hujan lebat mendapat bantuan beras sebanyak 114 kg untuk 5 kepala keluarga.

Ket Gambar : Penyaluran Kedua Bantuan Bencana Alam Di Kecamatan Cigudeg Kab.Bogor (16 Mei 2017)

Untuk 6 Desa yang ada di Kecamatan Jasinga yang di landa banjir DKP Kab.Bogor memberikan bantuan beras di masing_masing Desa di antaranya :

  • Desa Pamagersari mendapat bantuan beras sebanyak 369 kg untuk 14 KK
  • Desa Koleang mendapat bantuan beras sebanyak 90 kg untuk 3 KK
  • Desa Jasinga  mendapat bantuan beras sebanyak84 kg untuk 3 KK
  • Desa Bagoang  mendapat bantuan beras sebanyak 60 kg 3 KK
  • Desa Pangdarin mendapat bantuan beras sebanyak 937 kg untuk 37 KK

Desa Kalongsawah  mendapat bantuan beras sebanyak 624 kg untuk 21 KK

Ket Gambar : Penyaluran Kedua Bantuan Bencana Alam Di Kecamatan Jasinga Kab.Bogor (16 Mei 2017).

Sebelumnya pernah di laksanakan Rakor pembahasan inflasi daerah I yang menghadirkan dinas ketahanan pangan & Pertenakan Provinsi Jawa Barat & SKPD terkait yang ada di lingkup Pemkab Bogor.

Ket Gambar : RAKOR PEMBAHASAN INFLASI DAERAH I

Rakor Pembahasan Inflasi Daerah II yang menghadirkan penyuluhan pendamping serta pelaku utama dan usaha bidang pangan Se-Kabupaten Bogor.

Ket Gambar : RAKOR PEMBAHASAN INFLASI DAERAH II.

Berita Lainnya :

BUPATI BOGOR CANANGKAN TIADA HARI TANPA MAKAN UBI http://jabar.pojoksatu.id/ - 23 Mei 2017 Bupati Bogor Nurhayanti didamping Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor, drh Soetrisno saat menin...
TIM VERIFIKASI PROPINSI JAWA BARAT OPTIMIS KABUPAT... Pakuan Raya, 13 Maret 2017 TENJOLAYA – Program Ketahanan Pangan dan Gizi di Desa Cibitung Tengah, Kecamatan Tenjolaya dan Pariwisata Sehat di Desa ...
PAHLAWAN KETAHANAN PANGAN DAPAT PENGHARGAAN Radar Bogor, 17 Februari 2017 CIBINONG-Bupati Bogor Nurhayanti memberikan penghargaan kepada pahlawan ketahanan pangan Kamis (16/2). Pahlawan ketah...
SOSIALISASI PERBUP NO 23 TAHUN 2016 Link Bogor.com - 12 September 2017 LinkBogor, Cibinong – Dinas Ketahanan Pangan (DKP), Kabupaten Bogor, di Tahun ini mensosialisasikan Peratura...