ASYIK, KABUPATEN BOGOR PUNYA KADER KEAMANAN PANGAN

© https://bogor.pojoksatu.id/

Sentul – Sejumlah kader di setiap kelurahan/desa Kabupaten Bogor menerima Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait keamanan pangan di Hotel Darmawan Park, Sentul, Kabupaten Bogor, Rabu (25/7/2018).

Kepala Seksi (Kasi) Kerjasama Dan Informasi Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor, Yayan Tahyan, ST. mengatakan, kader-kader tersebut terdiri atas sepuluh angkatan dengan satu angkatan terdiri kurang lebih 44 orang. Mereka merupakan wakil-wakil dari setiap desa yang terdiri dari satu orang utusan.

“Masing-masing desa ini kita undang untuk mengadakan pelatihan bimbingan dan teknis tentang pemahaman-pemahaman dari sisi keamanan pangan,” ujarnya disela-sela kegiatan. Yayan menambahkan, kader-kader pun diberikan pemahaman terkait keamanan produk-produk pangan yang diduga atau diindikasi mengandung bahan-bahan berbahaya. Seperti mengandung formalin, boraks, dan pewarna makanan.

“Harapannya dari hasil pengenalan ini mereka bisa menularkan kembali ke kelompok-kelompok di desanya masing-masing agar tercipta keamanan pa ngan di seluruh lingkup Kabupaten Bogor,” tambahnya.

Kader-kader Keamanan Pangan direkrut melalui permohonan desa dan diundang melalui kecamatan untuk menugaskan perwakilan desa. Para kader ditugaskan menjadi calon Keamanan Pangan Tingkat Desa. “Calon kader kita latih dengan harapan bisa direkrut sebagai Kader Keamanan Pangan Tingkat Desa,” tutupnya.

Bimtek Kader Keamanan Pangan Tingkat Desa tersebut merupakan bagian dari kegiatan Jejaring Keamanan Pangan Daerah (JKPD) yang melekat pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor.  Bimtek tersebut dilaksanakan pada 2 gelombang, yaitu gelombang I  pada bulan April 2018 sebanyak 6 angkatan dan gelombang II pada bulan Juli 2018 sebanyak 4 angkatan.

Berita Lainnya :

PENGAWASAN KEAMANAN PANGAN DI PASAR MODERN : CARRE... Cibinong – Ketahanan pangan berkaitan dengan peran pemerintah dalam menyediakan pangan yang cukup bagi masyarakat. Namun, aspek keamanan pangan pun ha...
KEGIATAN TANAM JAGUNG BERSAMA KELOMPOK TANI DI CIG... http://www.radarbogor.id/ – Maret 2018 Cigombong - Gerakan penanaman jagung bersama Kelompok Tani (Poktan) Lengkong Jaya, Desa Wates Jaya, Kecamata...
MASYARAKAT NANGGUNG MILIKI PASAR RAKYAT REPRESENTA... http://bogorkab.go.id Kabupaten Bogor - Masyarakat Kecamatan Nanggung akhirnya memiliki pasar rakyat yang representatif, karena Pemerintah Kabupate...
DINAS KETAHANAN PANGAN KAB. BOGOR ADAKAN PELATIHAN... Cisarua - Mengantisipasi terjadinya kerentanan dan kerawanan pangan, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor mengadakan Pelatihan Penyusunan Peta Keraw...